• Novi Amaliyah

Tips Sederhana Memilih Semangka

Siapa tak suka dengan segarnya buah semangka yang berair, manis, segar, dan dingin. Tak hanya menyegarkan, buah yang termasuk dalam keluarga mentimun ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak. Sebut saja seperti Likopen, Potasium, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Antioksidan, serta Citrulline yang memiliki banyak manfaat.



Menurut penelitian Texas A&M University Amerika Serikat, Citrulline pada buah semangka mampu melenturkan pembuluh darah. Khasiat ini disamakan dengan reaksi ketika seorang pria menggunakan Viagra. Setelah mengetahui kandungan buah semangka yang ada di bawah ini, maka mulai sekarang kita bisa menambahkan semangka dalam daftar belanja buah. Tapi sebelum berbelanja, tentunya harus tahu beberapa tips sederhana memilih buah semangka yang tepat. Berikut tips sederhana untuk memilih buah semangka yang juicy, manis, dan segar.


Pilih Bercak Warna

Setiap semangka biasanya memiliki bercak-bercak pada permukaan kulitnya. Bercak ini terbentuk pada bagian semangka yang menyentuh tanah. Bercak-bercak ini memiliki beragam warna, tetapi kamu bisa mencari yang warnanya cenderung kuning keemasan hingga oranye.


Bercak Anyaman (Webbing)

Bercak anyaman (webbing) pada permukaan semangka menunjukkan betapa manisnya buah semangka tersebut. Bercak anyaman ini dibentuk oleh lebah yang mengunjungi bunga pada saat proses pembuahan. Proses ini memperkaya rasa manis pada semangka. Hingga semakin banyak anyaman pada permukaan semangka, maka akan semakin manis rasanya. Jadi untuk memilih semangka yang manis hindari memilih yang permukaannya mulus.


Pilih Jenis Kelamin

Tahukah kamu jika semangka juga memiliki jenis kelamin. Ini pun akan menentukan pada citarasa semangka itu sendiri. Semangka perempuan berbentuk bulat dengan citarasa lebih manis. Sedangkan semangka laki-laki berbentuk agak lonjong dan lebih berair. Kalau kamu lebih suka dengan semangka yang mengandung banyak air bisa memilih semangka yang berbentuk lonjong.


Ukuran

Tanpa disadari kita makan dengan mata kita, jadi tidak mengherankan kalau secara tidak sadar kita berpikir memilih ukuran lebih besar berarti lebih baik. Tetapi hal ini tidak selalu terjadi, terutama untuk semangka. Kamu mungkin tergoda untuk memilih ukuran semangka yang besar dengan permukaan yang mulus. Sebaiknya pilih semangka dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk mendapatkan semangka yang baik.


Tangkai

Pilih semangka yang memiliki tangkai, meski tidak menarik, ini penting. Jika tangkai semangka berwarna hijau, berarti semangka dipetik saat masih belum terlalu matang. Pilih tangkai pada semangka yang sudah kering dan berwarna coklat, ini menandakan buah semangka yang manis karena dipetik saat sudah cukup matang.



© 2019 yukmakan channel