• Novi Amaliyah

Tips Sukses Membuat Muffin Klasik



Sebelum cupcakes menjadi terkenal di seantero jagat karena sebuah adegan di serial Sex and City. Ada kudapan klasik yang sekilas mirip dengan cupcake, yaitu muffin. Berbeda dengan cupcakes, muffin memiliki tekstur yang sedikit lebih padat serta tanpa hiasan butter cream di atasnya.


Biasanya muffin dibuat dengan paduan buah-buahan kering, choco chip ataupun potongan keju. Kamu bisa menyesuaikan dengan bahan kesukaan. Muffin biasanya dijadikan menu sarapan atau camilan di antara waktu makan.


Di Asia sendiri muffin cukup populer sebagai salah satu kudapan manis sebagai teman minum teh maupun kopi untuk bersantai. Muffin merupakan salah satu kue yang cukup mudah untuk dibuat. Meski begitu butuh trik khusus untuk membuat kue satu ini. Yuk, simak tips membuat muffin. Selamat mencoba!


1. Pastikan menimbang semua bahan-bahan yang dibutukan sesuai dengan resep. 

2. Sebaiknya pilih kertas cup yang tipis untuk membuat muffin. Karena pemilihan kertas cup yang tebal akan menghambat proses pemanggangan, sehingga terkadang bagian tengah muffin masih mentah.

3. Selalu mencampurkan bahan isi atau paduan pada saat terakhir adonan akan dituang ke dalam cetakan. Ini berfungsi agar bahan isi tidak turun, sehingga hasil muffin juga akan memiliki tampilan yang cantik.

4. Panggang muffin dengan suhu sekitar 80 derajat Celsius dengan lama pemanggangan kurang lebih 45 menit.

© 2019 yukmakan channel