• Novi Amaliyah

Tips Sukses Membuat Telur Rebus Meleleh A la Restoran



Siapa tak suka dengan telur rebus setengah matang dengan bentuk bulat serta lelehan kuning telur yang nikmat. Biasanya telur rebus setengah matang dengan bentuk bulat sempurna ini hanya bisa dinikmati saat kita pergi ke restoran atau café. Penasaran untuk membuat telur rebus setengah matang a la restoran, kamu bisa menyimak tips dan trik berikut.

1. Kesegaran telur menjadi kunci utama mendapatkan hasil telur yang bulat sempurna. Jadi sebisa mungkin pilih telur yang masih segar. Karena semakin tua telur, bentuknya cenderung pipih atau menyebar saat direbus.

2. Hindari telur dari lemari dingin, gunakan telur yang sudah dalam kondisi suhu ruang. Karena ini akan memudahkan telur matang lebih merata.

3. Jika tidak punya telur segar, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan beberapa tetes cuka atau air jeruk lemon ke dalam air yang akan digunakan untuk merebus telur. Asam dalam air akan membantu telur menahan bentuknya.

4. Kamu juga bisa memecahkan telur dan menaruhnya dalam mangkuk kemudian baru direbus ke dalam panci. Langkah ini dilakukan untuk mengindari kulit telur yang ikut masuk ke dalam panci.

5. Masukkan telur saat air mulai bergelembung kecil tapi bukan mendidih karena jika mendidih justru akan merusak bentuk telur. Tetapi jika airnya tidak cukup panas, telur akan hancur sebelum matang. Suhu air ideal untuk merebus telur rebus adalah sekitar 80 - 87 derajat celcius selama 3 - 4 menit.

6. Jika merebus lebih dari satu batch, telur rebus dapat disimpan dalam air hangat sampai semuanya matang, kemudian keringkan menggunakan tisu dapur sebelum disajikan.

7. Jika kamu membutuhkan dalam jumlah banyak, masukkan telur yang sudah direbus kemudian masukkan ke dalam mangkuk berisi air dingin. Dinginkan hingga 24 jam. Untuk memanaskannya kembali, letakkan telur dalam air panas selama sekitar 10 menit. Buang airnya dan keringkan dengan tisu dapur sebelum disajikan.


Foto. Dok. Shutterstock

© 2019 yukmakan channel