• Maria Yuliana Kusrini

Tips Tetap Langsing Meski Banyak Makan


Setiap manusia tentu butuh makan sebagai asupan tubuh. Bahkan tidak sedikit juga yang menjadikan makan sebagai hobi mereka lho. Maka saat ini banyak bermunculan food blogger yang sebenarnya mereka adalah para pecinta kuliner atau bisa disebut juga tukang makan. Tentunya meski memiliki hobi makan, tetap harus menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing. Lalu bagaimana caranya? Berikut tips mudah menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing meski banyak makan.


1. Olahraga cukup

Meski makan banyak, bukan berarti melupakan olahraga. Justru dengan olahraga cukup maka dapat menikmati setiap santapan yang disukai. Untuk itu, sisihkanlah waktu minimal 150 menit setiap minggunya untuk berolahraga.


2. Terapkan crowding out

Strategi crowding out ini merupakan salah satu jenis diet yang dapat dilakukan tanpa mengurangi porsi makan. Hanya perlu mengganti lauk-lauk yang tidak sehat dengan

makanan bernilai gizi tinggi. Misalnya saja, cobalah untuk mengganti kebiasaan mengemil makanan bertepung dengan cemilan sehat seperti keripik ubi, singkong, kentang, ataupun jenis umbi-umbian lainnya. Tapi usahakan untuk memilih camilan yang tidak mengandung bahan pengawet atau MSG ya!


3. Jangan lupakan sarapan

Agar tubuh bertenaga, jangan lupa untuk sarapan. Makan pagi dapat menambah asupan energi dalam tubuh agar dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan lebih baik.


4. Tambahkan bahan pemanis alami

Tips satu ini berlaku bagi yang tidak menyukai salad. Menurut salah satu ahli kesehatan Katrine van Wyk, ia kerap menambahkan potongan buah seperti apel dan pir untuk menambah citarasa manis agar kliennya mau memakan dan menyukai salad.


5. Jangan campur karbohidrat dengan protein

Bagi yang tidak ingin hobi makannya terhenti, maka cobalah untuk tidak mencampur jenis makanan berkarbohidrat dengan yang berprotein. Misalnya, jangan menyantap nasi, kentang atau roti dengan daging serta keju. Begitu pula saat menyantap ikan, daging, atau ayam maka jangan memakannya dengan tambahan karbo, tapi gantilah dengan sayur-sayuran.


Dengan tips di atas, maka tubuh akan tetap terjaga kesehatan serta kelangsingannya. Meskipun sudah makan dengan porsi banyak sekaligus. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

© 2019 yukmakan channel