• Novi Amaliyah

Trik Mengetahui Takaran yang Pas Saat Memasak



Tahukah kamu kalau bahan masakan yang akan dimasak sebaiknya dihitung dengan jumlah dan takaran yang sesuai. Ini berfungsi untuk mendapatkan citarasa yang terukur dan pas. Selama ini pasti kita biasa melihat saat ibu memasak di dapur dengan hanya menuang dan menabur bumbu tanpa mengukurnya terlebih dulu. Sebaiknya kamu memiliki sendok takar di dapur untuk memudahkan saat mengukur bumbu yang akan digunakan. Pastikan juga untuk selalu mencicipi masakan kamu sebelum dihidangkan.

Mengapa begitu pentingnya untuk mengetahui jumlah takaran bumbu atau bahan yang kamu gunakan? Itu karena jika kamu terbiasa mengukurnya, kamu akan dengan mudah saat memasaknya dalam jumlah banyak dan citarasanya tidak berubah. Ini juga berfungsi memudahkan kamu saat akan membuat masakan andalan kamu dengan citarasa yang stabil, atau membukukan resep kunci andalan kamu.


Yuk pelajari takaran bahan dengan cara mengkonversi ukuran pakai sendok makan (sdm) atau sendok teh (sdt) yang sering kita jumpai pada resep-resep di majalah maupun online. Untuk bahan bubuk, ukuran 1 sdm berarti sama dengan 13.75 gram. Sedangkan untuk 1 sdt setara dengan 4,6 gram. Sedangkan untuk bahan cair 1 sdm setara dengan 15 ml. Dan yang perlu diingat 1sdm setara 3 kali sdt.

Kita juga sering menjumpai ukuran takaran menggunakan cup. Ukuran cup biasanya digunakan pada satuan yang biasa digunakan di Amerika Serikat. Ukuran ini biasanya dijumpai pada resep-resep untuk membuat kue. Untuk bahan cair ukuran 1 cup setara dengan 250 ml, sedangkan untuk bahan bubuk 1 cup setara dengan 110 gram.



© 2019 yukmakan channel