• Maria Yuliana Kusrini

US Short Ribs and Scallops

Resep dibuat oleh Executive Chef Andry Stefanus, The Sultan Hotel & Residence Jakarta


Bahan:

500 gr Beef Short Ribs

650 ml Pasta Tomat

3 bh Bawang Putih, cincang

2 bh Scallop

2 bh Asparagus

2 bh Wortel

1 bh Bawang Bombay, cincang

4 sdm Saus Tomat

3 sdm Mentega Tawar

2 sdm Cincangan Daun Ketumbar

2 sdm Madu

1 sdm Garam

½ sdm Lada Hitam Bubuk

1 sdt Rosemary

1 sdt Oregano


Bahan Mashed Potato:

3 bh Kentang, kupas

100 ml Susu Segar

50 ml Krim Masak

30 gr Butter/Mentega Tawar



Cara Membuat:

  1. Bersihkan beef short ribsnya, lalu bumbui dengan menggunakan lada hitam bubuk dan garam.

  2. Siapkan pan dan panaskan. Setelah pannya panas, letakkan ribsnya di atas pan lalu masak dengan menggunakan api kecil hingga berwarna kecoklatan dan muncul karamelnya. Balik dan ulangi pada sisi satunya. Angkat dan sisihkan.

  3. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan cincangan bawang putih, bawang bombay, oregano, dan daun ketumbar. Masak hingga layu. Masukkan pasta tomat, madu, dan saus tomat. Aduk sampai semuanya tercampur rata.

  4. Masukkan beef short ribs yang tadi telah dimasak ke dalamnya. Aduk sampai semuanya tercampur sempurna dan merata ke seluruh permukaan ribsnya. Angkat dan sisihkan.

  5. Panaskan oven 160°C. Panggang ribs yang telah dibumbui selama 2,5 jam lamanya.

  6. Bumbui scallopnya dengan garam dan lada bubuk. Panaskan wajan dan masukkan scallop ke dalamnya. Masak hingga matang di kedua sisinya.

  7. Rebus asparagus dan wortel dalam air mendidih. Bumbui dengan garam dan sedikit mentega tawar. Masak selama 5 menit atau sampai matang.

  8. Untuk membuat mashed potatonya, rebus kentang sampai matang. Lalu haluskan kentang yang sudah direbus itu sampai benar-benar halus. Siapkan panci, lalu masak kentang tumbuk bersama dengan krim masak, dan susu. Bumbui dengan menggunakan garam dan lada bubuk. Terakhir, masukkan butter atau mentega tawar ke dalamnya. Masak sampai semuanya tercampur rata dan matang. Angkat, sisihkan.

  9. Untuk penyajiannya, Sajikan beef short ribs bersama dengan scallop, mashed potato, dan juga sayuran rebusnya. Hidangan siap untuk dinikmati.