© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Varian Es Krim di 11 Negara Berbeda

Siapa sih yang tidak suka dengan sajian manis dingin bernama es krim? Bisa dibilang es krim punya banyak peminat dari berbagai kalangan usia. Bahkan saking hebatnya es krim, hingga mampu menyebar sampai ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, berbagai negara pun pada akhirnya punya es krim dengan kekhasannya masing-masing. Nah, dari sekian banyak jenis es krim yang ada, berikut ini beberapa es krim unik yang berasal dari 11 negara berbeda.


1. Italia

Es krim Italia yang populer adalah Gelato. Es krim ini memiliki varian yang dapat dinikmati sesuai dengan selera. Beberapa di antaranya hazelnut (nocciola), cokelat (cioccolato), kopi (caffe), pistachio (pistacchio), stracciatella (fior di latte and chocolate), strawberry (fragola), vanilla (vaniglia), kelapa (noce di cocco), pisang, mint (menta), lemon (limone), persik (pesca), frutti di bosco, dan tiramisu.


2. Jerman

Spaghetti ice cream jadi khasnya Jerman. Sesuai namanya, es krim ini disajikan dengan bentuk unik. Tampilannya menyerupai makanan asal Italia, spaghetti sehingga terlihat menarik layaknya mi yang ditumpuk. Es krim ini dibuat tahun 60-an oleh Dario Fontanella, warga Jerman di Mannheim. Es krim rasa vanilla ini dicetak menggunakan mesin pencetak mi, lalu disajikan dengan krim kocok, selai strawberry, parutan kelapa, dan parutan cokelat putih.


3. Prancis

Di Prancis, es krimnya populer dengan kadar liqueur. Kadar liquer ini adalah semacam alkohol pada minuman wine/bir. Dan ini kadarnya lumayan tinggi. Es krim ini memiliki citarasa yang jauh berbeda dibandingkan es krim pada umumnya yang ada. Hal dikarenakan adanya kandungan alkohol di dalam es krim tersebut.


4. Inggris

Clottes Cream adalah es krim khas dari negara itu. Terbuat dari olahan krim yang segar, es krim itu menciptakan rasa yang enak dan segar. Es krim Clotted Cream pun mengalami perkembangan dengan adanya penambahan buah strawberry atau buah segar lainnya.


5. Argentina

Dulce de leche adalah es krim rasa karamel. Es krim ini terbuat dari susu dan gula yang dimasak menjadi karamel. Es krim ini begitu disukai seluruh masyarakat Argentina. Es krim Argentina ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang imigran asal Italia yang masuk ke Amerika Latin kemudian pindah ke Argentina. Jadi, tak mengherankan jika teknik pembuatan es krimnya menyerupai gaya Italia.


6. Jepang

Mochi jadi es krim khasnya Negara Jepang. Es krim mochinya ada 2 varian berbeda, yakni matcha (teh hijau) dan ogura (kacang merah). Es krim itu dibungkus menggunakan kue beras yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga teksturnya lembut dan lengket.


7. Indonesia

Di Indonesia sendiri, es krim memiliki ciri khas berbeda dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Salah satu jenis es krim yang benar-benar khas Indonesia adalah es puter yang terbuat dari santan tanpa menggunakan krim. Es ini diberi tambahan susu dan buah yang jadi ciri khasnya.


8. India

Kulfi jadi es krim khasnya India. Sajian dingin satu ini terbuat dari susu kerbau dan gula yang direbus menggunakan api kecil. Es krim ini biasanya ditambah dengan perasa seperti pistachio, mangga, kapulaga, vanili, mawar, dan saffron.


9. Thailand

Tak mau kalah dengan negara lainnya, Thailand pun punya es krim khas. Es krim ala Thailand yang kini sedang digemari ini disajikan dalam wadah berupa batok kelapa muda yang masih ada daging kelapanya. Dikenal dengan sebutan Coconut Thai Ice Cream, es krimnya pun diramaikan dengan berbagai topping seperti kacang merah, meses, potongan buah segar, dan lainnya.

10. Turki

Es krim Turki namanya Dondurma. Es krim yang terkenal dengan kelembutannya dan tidak membuat haus ini terbuat dari susu kambing dengan perpaduan sachlav. Sachlav ini merupakan sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan. Kemudian diolah sedemnikian rupa untuk menjadikan sebuah es krim lembut dan nikmat. Berbeda dengan es krim kebanyakan yang ada.


11. Amerika

Es krim asal Amerika memiliki citarasa yang demikian menyegarkan. Berbeda dengan es krim kebanyakan, negara ini populer dengan yogurt beku sebagai es krimnya. Es krim yogurt ini biasanya dipadukan dengan buah segar ataupun saus buah.