• Maria Yuliana Kusrini

Variasi Yogurt, Si Asam Manis Banyak Penggemar


Meski rasanya didominasi oleh rasa asam, yogurt ternyata memiliki banyak penggemar. Khususnya para wanita, sepertinya menjadikan yogurt sebagai urutan awal daftar makanan favoritnya. Wajar saja jika yogurt banyak digemari dan dikonsumsi, karena ternyata memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Misalnya saja tidak membuat gemuk.


Yogurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Fermentasi tersebut menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu yang menjadikan testurnya menjadi seperti gel dan memiliki aroma khas. Susu yang biasa digunakan berupa susu sapi, namun semua jenis susu bisa dijadikan yogurt, termasuk susu kacang kedelai.


Bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu, jangan bersedih hati karena tetap bisa mengkonsumsi yogurt. Hal ini disebabkan struktur laktosa yogurt sudah dirusak. Namun begitu tetap aman dikonsumsi, bahkan yogurt memiliki kandungan Vitamin B dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.


Yogurt memiliki banyak jenis dan setiap daerah ataupun negara memiliki kekhasan masing-masing. Berikut ini yogurt dari beberapa wilayah yang berbeda.


1. Dahi merupakan yogurt khas India dengan citarasanya yang unik.

2. Curd adalah yogurt yang ada di Bangladesh dan Pakistan.

3. Dadiah atau Dadih merupakan yogurt tradisional yang dikenal luas oleh masyarakat Sumatera Barat. Dadiah berasal dari susu kerbau dan difermentasikan dalam tabung bambu.

4. Labneh atau Labaneh yogurtnya orang Libanon. Yogurt ini sudah dipadatkan yang biasanya digunakan pada hidangan sandwich.

5. Bulgarian adalah yogurt yang lebih dikenal di daratan Eropa, khususnya Bulgaria dan Macedonia. Umumnya yogurt Bulgarian dikonsumsi begitu saja karena kualitas rasa dan aromanya yang baik. Yogurtnya tampil lebih creamy dan lembut.

6. Kefir adalah yogurt cair yang berasal dari Kaukasus.

7. Lassi semacam minuman berbasis yogurt yang asal mulanya dari India. Rasanya memadukan manis dan asin.

8. Ayran begitu populer di Turki, Bulgaria, Macedonia, Kazakhtan, Kyrgystan, dan Azerbaijan. Proses pembuatannya dengan mencampurkan yogurt dengan air dan garam.

9. Laban Ayran hampir sama dengan Ayran, namun minuman ini lebih populer di Syria.

10. Tan mirip dengan Ayran dan Laban Ayran. Minuman ini populer dan terkenal di Armenia.

11. Yop adalah yogurt yang populer di Kanada, Inggris, dan Irlandia.


Ternyata ada cukup banyak jenis yogurt yang bisa kita temukan di berbagai belahan dunia ini. Meskipun memiliki nama yang berbeda dengan bentuk dan cara penyajian yang bervariasi, namun yogurt mampu menarik minat banyak orang.

© 2019 yukmakan channel