• Maria Yuliana Kusrini

Semua Masakannya Enak, Bikin Ketagihan

Warung Makan Wong Yogya Pak Kardi berupa tempat makan rumahan di tepi jalan yang mampu menampung hingga 30-an orang. Di bagian depannya dijadikan tempat untuk membakar si ayam. Aroma bakaran langsung tercium begitu mendekati warung yang buka sejak tahun 2003 itu. Wah jadi tidak sabar untuk segera memesan dan makan.


Ayam Bakar & Ayam Kampung Gorengnya sama-sama juara

Sesuai nama tempatnya, olahan ayam di sini memang juara. Ada 2 pilihan ayam yang ditawarkan, yakni Ayam Bakar dan Ayam Kampung Goreng. Kedua ayamnya punya citarasa yang sama-sama nikmat. Keduanya dihadirkan dengan didampingi aneka lalapan dan sambal. Hanya saja, cara pengolahan si ayam dan sambalnya saja yang berbeda.


Untuk Ayam Bakar, tersaji dengan warna kecokelatan agak gosong karena efek bakaran. Tercecap bumbu dan kecap manis yang merasuk sempurna hingga ke tulangnya. Tekstur dagingnya cukup empuk. Sambalnya berupa sambal matang dengan citarasa pedas-pedas manis. Sebelum dibakar, si ayam ini sudah diungkep dengan menggunakan bumbu khusus.


Ayam Kampung Goreng juga tidak kalah menawan jika dibandingkan dengan si Ayam Bakar. Meskipun ayam gorengnya menggunakan ayam kampung, tapi tekstur ayamnya tidak alot. Citarasa ayam goreng benar-benar sensasional. Ayamnya terasa gurih dan semakin enak dicocolkan pada sambal mentah yang terasa sangat pedas. Buat yang kurang suka pedas, hati-hati saat menyantap sambal Ayam Kampung Goreng ini. Dijamin langsung “gembrobyos” akibat rasa pedas sambalnya.


Pilihan pendamping ayam

Cukup banyak menu atau lauk pendamping yang disuguhkan di tempat ini. Sebut saja Gudeg khas Yogya lengkap dengan krecek di piring terpisah. Citarasa yang muncul dari olahan nangka muda dan kulit sapi ini memang enak, manisnya pas dan benar-benar mencerminkan Yogyakarta. Sebagai alternatif lainnya, juga bisa memesan Sate Kulit, Sate Ati Ampela, atau pun Kepala Ayam. Aneka makanan pendamping itu dimasak dengan bumbu yang cenderung manis. Maklum, masakan Jawa jadi semuanya serba manis.



Nikmati kesegaran Soto Ayam

Semangkok Soto Ayam hadir dengan kuah bening berisi suwiran ayam yang cukup banyak, irisan kol, soon, taoge, seledri, dan bawang goreng. Meski isiannya sama dengan soto-soto pada umumnya, tapi soal rasa memang tidak biasa. Kuah beningnya menonjolkan aneka rempah yang kuat dan rasa yang menggoda lidah. Kucuran jeruk nipis yang ditambahkan dalam soto akan semakin menyegarkan aroma dan rasa si soto.

Selain makananya, minuman juga tersedia di sini. Termasuk juga aneka jus buah dengan pilihan buah segar. Sajian di tempat ini pun ditawarkan dengan harga yang sangat bersahabat.


WM. Wong Yogya Pak Kardi

Jl. Raya Lapangan Tembak (depan kelurahan Cibubur), Cibubur, JakartaTimur

081932302900, 087881845056


© 2019 yukmakan channel