© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Yuk, Membuat Aneka Buah Berlapis Cokelat



Menjelang Valentine atau hari kasih sayang, cokelat menjadi salah satu kudapan yang banyak diburu. Biasanya aneka olahan cokelat cantik seperti truffle atau praline dikemas dalam kemasan cantik. Agar tidak bosan kamu bisa berkreasi sendiri untuk membuat kudapan buah bersalut cokelat, selain sehat dan bernutrisi, cokelat bersalut buah ini bisa dibuat menjadi bingkisan alternatif untuk orang terkasih.


Pada dasarnya semua buah bisa dipadukan dengan cokelat, namun pengecualian untuk buah-buah yang memiliki kadar air cukup tinggi seperti semangka, melon atau jeruk karena buah-buah ini tidak akan bisa disimpan dalam waktu lama. Kamu bisa menggunakan buah strawberry, raspberry, cherry segar, blackberry, dan blueberry. Selain bisa menjadi kudapan di hari Valentine, aneka buah bersalut cokelat ini juga bisa dinikimati kapan saja, kamu juga bisa menambahkan marshmallow atau jelly favorit. Mulai dari pesta ulang tahun, pernikahan, atau pesta lainnya.


Selain praktis aneka buah bersalut cokelat ini juga mudah dibuat. Dan dengan sedikit imajinasi, kamu bisa menciptakan dekorasi yang terbuat dari aneka buah berlapis cokelat dengan penampilan lebih impresif dan menggugah selera. Berikut ini panduan dan trik untuk membuat, sampai menyajikan aneka buah berlapis cokelat.


1. Pilih buah strawberry yang sudah matang dan berwarna merah cerah, dengan tangkai masih terlihat segar. Hirup aroma strawberry: yang aromanya paling harum berarti paling manis. Jangan pilih strawberry yang tangkainya sudah keriput dan warnanya kecoklatan. Pilih yang berukuran sedang—cukup kecil untuk dinikmati dalam beberapa gigitan saja.

2. Pilih cokelat susu (milk chocolate) sebagai pelapis strawberry jika ingin membuat paduan cokelat dan buah bercitarasa manis dan creamy. Pilih dark chocolate, kalau menghendaki citarasa cokelatnya lebih kuat dan bernuansa pahit.

3. Bisa memadukan milk chocolate dan dark chocolate sebagai bahan pelapis, untuk menghasilkan penampilan dan citarasa berbeda.

4. Untuk memberi warna lapisan cokelat selain warna dark chocolate maupun milk chocolate, gunakan chocolate compound yang telah diberi pewarna (misalnya pink, hijau, dll).

5. Tambahkan potongan kacang mede, potongan cokelat padat, atau bahan topping lainnya, untuk mempercantik penampilan dan memperkaya citarasa.

6. akaran bahan sesuai jumlah buah atau resep yang akan dibuat.