• Novi Amaliyah

Yuk Mengenal Nutrisi Sayuran dan Buah Dari Jenis Warnanya


Sayuran dan buah keduanya adalah makanan kaya serat serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Setidaknya minimal kita mengonsumsi 5 macam dan warna sayuran maupun buah setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin harian yang dibutuhkan.


Kandungan manfaat sayuran dan buah bisa dikenali dari warna-warna mereka sehingga memudahkan kita manfaat apa saja yang bisa didapat dengan mengonsumsinya. Beberapa sayuran berwarna berbeda bahkan memiliki manfaat yang luar biasa jika dikonsumsi secara bersamaan. Itulah sebabnya setiap hari usahakan untuk mengonsumi berbagai macam dan jenis warna sayuran dan buah.


Secara umum semakin banyak paduan warna sayuran dan buah yang dikonsumsi semakin banyak manfaat yang bisa didapat seperti anti peradangan dimana peradangan adalah sumber awal dari berbagai macam penyakit,selain itu juga manfaat detoks dan penyembuhan yang bisa didapat. Karena masing-masing kelompok warna sayuran dan buah memiliki senyawa yang memiliki kemampuan memperbaiki secara berbeda. Yuk simak kandungan dari masing-masing kelompok warna dari sayuran dan buah berikut.


Warna Merah

Sayuran dan buah berwarna merah mengandung carotenoid lycopene yang bermanfaat membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak gen. Misal tomat, semangka, pink grapefruit.



Hijau/Kuning

Sayuran dan buah yang berwarna hijau dan kuning merupakan sumber carotenoids lutein dan zeaxantin yang dipercaya dapat mengurangi risiko katarak dan penurunan fungsi penglihatan karena usia. Bisa didapat dari bayam, jagung, kacang polong, alpukat dan melon kuning.


Oranye

Sayuran dan buah berwarna oranye mengandung alpha carotene yang dapat bermanfaat melindungi dan melawan kanker. Sayuran dan buah ini juga mengandung beta carotene yang di dalam tubuh diubah menjadi Vitamin A. Bisa didapat dari wortel, mangga, apricot, blewah, labu kuning, dan ubi.


Oranye/Kuning

Buah-buahan berwarna kuning dan oranye ini mengandung beta cryptothanxin yang bermanfaat untuk membantu sel dalam tubuh untuk saling berkomunikasi. Misalnya nanas, jeruk, peach, papaya dan nektarin.


Red/Ungu

Sayuran dan buah berwarna ungu mengandung antioksidan tinggi yang disebut anthocyanin. Antioksidan ini dipercaya dapat melindungi penyakit jantung dengan membantu mencegah penyumbatan darah. Contohnya buah bit, terung, anggur ungu, anggur merah, prune, cranberry, blueberry, blackberry, strawberry dan apel merah.


Hijau

Sayuran berwarna hijau mengandung zat kimia sulforaphne dan isocyanate dan indoles semuanya dapat bermanfaat sebagai pelindung dengan berkerja menghambat karsinogen yang menyebabkan kanker.


Putih/Hijau

Seluruh tanaman keluarga bawang mengandung senyawa allicin yang memiliki zat anti tumor. Buah lain yang termasuk dalam kelompok ini mengandung antioksidan flavonoids seperti quercetin dan keemferol. Bisa didapatkan dari daun bawang, bawang putih, bawang bombai, seledri, anggur hijau, dan sawi putih.

© 2019 yukmakan channel